RSS

Alat-alat yang digunakan untuk dapat koneksi internet

1. Modem ADSL

Modem ADSL adalah perangkat yang digunakan untuk menghubungkan ke saluran telepon, untuk menggunakan layanan ADSL. Modem ADSL merupakan transceiver. Disebut juga dengan DSL Transceiver atau ATU-R. Singkata NTBBA (Network Termination Broad Band Adapter, Network Termination Broad Band Acces).


2. Saluran Telepon
 Saluran telepon digunakan untuk sambungan ketika melakukan akses/dial up untuk koneksi internet.
3. Modem eksternal


 Biasanya dilengkapi dengan panel atau LED atau LCD yang menampilka info tentang apa yang sedang dilakukan oleh modem yang man berguna untukmembantu kita apabila ada permasalahan yang terjadi. Tidak menggunakan slot di dalam komputer. Dapat dinyalakan atau dimatikan secara terpisah dari komputer. Lebih mudah dipindah tempatkan (contohnya,dapat menggunakan modem eksternal yang sama untuk komputer araupun laptop anda).
4.Modem Internal
Modem Internal adalah modem yang terpasang langsung didalam CPU. Secara fisik modem internal berupa sebuah card yang tertancap pada salah satu slot ekspansi pada mainboard, biasanya pada slot ISA atau PCI. Penggunaan modem jenis ini memiliki beberapa keuntungan, antara lain adalah lebih hemat tempat dan dari segi harga lebih ekonomis dibandingkan dengan modem eksternal. Karena telah terpasang di dalam CPU, maka modem jenis ini tidak membutuhkan adaptor seperti halnya modem eksternal sehingga sistem terkesan lebih ringkas tanpa ada banyak kabel berseliweran yang bisa memberi kesan kurang rapi. Namun demikian, modem internal memiliki kelemahan berupa tidak adanya indikator sebagaimana yang bisa ditemui pada modem eksternal. Akibatnya agak sulit untuk memantau status modem (walaupun bisa dilakukan lewat software). Selain itu, modem internal tidak menggunakan sumber tegangan sendiri hingga harus dicatu dari power supply pada CPU. Panas dari komponen-komponen dalam rangkaian modem internal juga akan menambah suhu dalam kotak CPU.
5. Bridge
 sebuah perangkat yang membagi satu buah jaringan kedalam dua buah jaringan


6. Hub/ Switch
 
sebuah Konsentrator/Hub adalah sebuah perangkat yang menyatukan kabel-kabel network dari tiap-tiap workstation, server atau perangkat lain. Dalam topologi Bintang, kabel twisted pair datang dari sebuah workstation masuk kedalam hub. Hub mempunyai banyak slot concentrator yang mana dapat dipasang menurut nomor port dari card yang dituju.


7. Kabel RJ 11
 Konektor telepon standar yang dipasang ke jack yang biasanya dipasang di dinding untuk mendapatkan sambungan telepon. Konektor ini bisa digunakan untuk menghubungkan komputer dalam sebuah jaringan PCnet-Home.


8. Kabel RJ 45
abel RJ-45 adalah kabel Ethernet yang biasa digunakan dalamopologi jaringan komputer LAN maupun jaringan komputer tipe lainnya.


  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Posting Komentar